• Wed. Feb 1st, 2023

Wolfgaming : Sumber Informasi Seputar Dunia Olah Raga

Wolfgaming menghadirkan informasi terlengkap serta terupdate seputar dunia olah raga baik dalam negeri dan manca negara

3 Peraturan Dalam Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui

peraturan dalam bulu tangkis

Wolfgaming – Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bermain bulu tangkis membutuhkan skill yang mumpuni. Selain itu peraturan dalam bulu tangkis juga wajib diketahui bagi para pemain maupun penggemar bulu tangkis.

Banyaknya atlet di Indonesia yang menjuarai bulu tangkis membuat masyarakat tertarik untuk mengetahui banyak hal. Karena ketertarikannya tak sedikit pula yang akhirnya terjun langsung sebagai pemain bulu tangkis meski hanya dijadikan hobi.

Meski hanya hobi semata, akan tetap terasa seru jika bisa memenangkan pertandingan. Untuk itu dibutuhkan skill dan latihan terus menerus agar bisa menang. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui peraturan dalam bulu tangkis agar lebih terlatih.

Artikel ini akan membahas peraturan dalam olahraga bulutangkis yang wajib diketahui oleh pemula. Jangan sampai kamu kalah dalam bermain bulu tangkis karena tidak paham peraturan, ya!

Baca Juga : Fakta Menarik Seputar Olahraga Basket Jarang Diketahui

Daftar peraturan dalam bulu tangkis yang harus kamu ketahui

Penilaian poin

Poin dalam bulu tangkis yaitu sebanyak 21 angka. Namun jika kedua tim mendapat angka sama misalkan 20-20, maka pemenang diambil dari tim yang mendapat 2 selisi poin pertama. Kamu hanya bisa memenangkan pertandingan jika angka selisi minimal 2 poin.

Jika hingga akhir tidak menemukan selisib 2 poin. Maka poin maksimal adalah 30. Pemenang ialah pemain yang mendapat angka 30 paling awal.

Olahraga bulu tangkis dimainkan dalam 3 set permainan. Namun jika kamu berhasil memenangkan dua set berturut-turut, maka peraturan dalam bulu tangkis menetapkan kamu keluar sebagai pemenang.

Jika belum berhasil dalam 2 set permainan, maka dilanjutkan pada set ke 3.

Peraturan Service

peraturan dalam bulutangkis menetapkan dua jenis service, pertama Peraturan service dalam bulutangkis nomor tunggal yaitupemain akan melakukan service yang pertama disebelah kanan garis tengah lapangan. Penerima service juga berada di sebelah kanan garis tengah lapangan.

Kamu juga harus melakukan service disebalah kanan garis tengah lapangan jika poin kamu mencapai angka ganda, sepert 2, 4, 6 dan seterusnya. Jika kamu mendapat poin ganjil seperti 1, 3, 5 dan seterusnya maka kamu berada di sebelah kiri garis tengah lapangan. Begitu pula dengan lawanmu.

Untuk permainan bulu tangkis nomor ganda, terlebih dahulu menentukan pihak yang akan melakukan service yang pertama. Selanjutnya pelaku service akan berada disebelah kanan garis lapangan.

Penerima service berada di arah diagonal pelaku service. Pelaku service harus selalu berada di sebelah kanan garis lapangan berapapun poin yang diperoleh.

Jika penerima service bukan pemain yang berada pada arah diagonal pelaku service, maka poin menjadi milik tim yang melakukan service.

Kartu Merah, Kuning, dan Hitam

Seperti halnya olahraga sepak bola, peraturan dalam bulu tangkis juga menggunakan kartu berwana sebagai peringatan dari beberapa pelanggaran.

Kartu pertama berwana kuning, Kartu ini dikeluarkan oleh wasit sebagai peringatan jika pemain sengaja mengulur waktu, atau kesalahan kecil lain.

Kartu kedua berwana merah, Kartu merah dalam bulu tangkis berarti kamu membuat kesalahan yang mengakibatkan shuttlecock berpindah untuk lawan. Maka secara otomatis lawan mendapat poin tambahan.

Ketiga yaitu kartu hitam. Kartu hitam yang dikeluarkan wasit berarti diskualifikasi bagi pemain. Hukuman ini menjadi yang paling berat. Meski demikian kartu ini jarang dikeluarkan saat permainan bulu tangkis berlangsung.

Itulah dia 3 peraturan dalam bulu tangkis yang harus kamu ketahui. Beberapa peraturan kadang terlewat atau terlupa saat permainan berlangsung karena terlalu seru bermain. Jangan sampai kelalain membuat kamu kehilangan poin, ya!

Baca Juga : Teknik Dasar Berenang Gaya Dada Untuk Pemula