• Wed. Feb 1st, 2023

Wolfgaming : Sumber Informasi Seputar Dunia Olah Raga

Wolfgaming menghadirkan informasi terlengkap serta terupdate seputar dunia olah raga baik dalam negeri dan manca negara

Berenang Gaya Kupu Kupu

Panduan Berenang Gaya Kupu-Kupu – Berenang adalah kegiatan yang menyehatkan sekaligus disukai oleh banyak orang, terbukti dari selalu ramaainya tempat wisata kolam renang saat weekend. Berenang sendiri memiliki beberapa gaya yaitu berenang gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada.

Berenang sendiri adalah salah satu olahraga yang menyehatkan badan, manfaat dari berenang sendiri adalah membakar kalori, meningkatkan masa kerja otot, dan mencegah resiko cidera ringan. Kali ini yang akan saya bahas lebih lanjut adalah teknik berenang gaya kupu-kupu. Karena gaya ini adalah gaya yang membutuhkan pengetahuan teknik yang lebih dalam dan menggunakan tenaga yang lebih besar dari gaya lainya.

Beberapa Teknik Berenang Gaya Kupu-Kupu

1.      Posisi Badan untuk Melakukan Gaya Kupu-Kupu

Untuk membuat gerakan gaya kupu-kupu menjadi lebih indah dan efisien, memperhatikan postur dan posisi badan adalah hal yang penting. Perhatikan juga posisi tubuh saat melakukan gaya kupu-kupu seperti berikut.

  • Sejajarkan posisi badan dengan kepala serta bahu dan pinggul membentuk bidang horizontal dengan permukaan air.
  • Posisikan badan sedekat mungkin dengan permukaan air (jangan terlalu tenggelam).
  • Bergerak lah secara bergelombang mengikuti arus air kemudian diikuti dada, pinggul sampai kaki hingga gelombang pergerakan menyerupai huruf “S”.

2.      Teknik Gerakan Lengan

Pergerakan lengan dari gaya kupu-kupu ini hampir sama dengan gaya bebas, hal yang membedakannya adalah pergerakan lengan gaya kupu-kupu ini dilakukan secara bersamaan. Gerakan lengan sendiri memiliki 3 fase yaitu catch, pull, dan recovery berikut adalah penjelasanya.

l  Catch

Saat memasuki air, rentangkan lengan ke depan tubuh dan ibu jari adalah   bagian pertama yang masuk ke dalam air.

l  Pull

Rentangkan kedua tangan selebar bahu dengan posisi siku sedikit di tekuk dan lebih tinggi daripada tangan saat masuk ke air. Gerakan tangan kebawah dan ke luar di depan tubuh hingga menyerupai huruf “Y” putar tangan ke atas dan ke belakang tetap sejajarkan dengan posisi tubuh    dan usahakan siku tetap sedikit lebih tinggi.

l  Recovery

Setelah kedua tangan selesai berputar dan mencapai paha, putar secara  bersamaan kedua tangan ke atas air lalu lempar ke arah depan di posisi awal       dan ulangi terus menerus.

3.      Teknik Gerakan Kaki

Gerakan kaki saat melakukan gaya kupu-kupu adalah seperti lumba-lumba atau putri duyung sehingga lebih bertumpu kepada kekuatan pinggul. Jadi saat melakukan gerakam seperti lumba-lumba tersebut kedua kaki kita harus tetap rapat dan kalian harus melakukan tendangan ke bawah secara bersamaan.

Berikut ini adalah cara melakukan gerakan kaki saat melakukan gaya kupu-kupu.

  • Rileks kan pergelangan kaki, dan kedua kaki harus kuat untuk memberikan dorongan ke depan.
  • Munculkan tumit dan telapak kaki saat melakukan kepakan sehingga mendapatkan tenaga kepakan yang baik untuk melaju.
  • Kepakan dilakukan saat pergerakan lengan keluar dan masuk.
  • Lakukan secara terus menerus untuk mendapatkan momentum yang baik.

4.      Teknik Pernapasan

Untuk melakukan pernapasan saat melakukan gaya kupu-kupu adalah dengan mengangkat kepala setelah tangan di ayunkan. Geraka ini bertujuan untuk mengambil nafas sebelum kepala masuk kembali ke dalam air.

Penapasan sendiri memiliki 4 teknik pengambilan nafas yaitu pernapasan tradisional, water watcher, chin suffer, dan pernapasan samping yang memiliki tujuan yang sama yaitu tetap memastikan badan tetap horizontal sehingga menghasilkan gaya dorong yang maksimal.

Itu dia 4 teknik berenang gaya kupu-kupu yang bisa kalian lakukan jika ingin mencoba gaya yang satu ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.