• Sat. Dec 3rd, 2022

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan jika Ingin Mencoba Trail Running

trail run

Jika kalian adalah orang yang gemar berolahraga terutama olahraga lari dan pernah mengikuti beberapa perlombaan seperti marathon atau sejenisnya seperti situs slot deposit pulsa tanpa potongan, pembahasan kali ini sangat cocok untuk kalian. Kali ini saya akan membahas seputar trail run atau lari lintas alam.

Kegiatan ini dapat menjadi pilihan kalian jika ingin mencoba hal baru tetapi tetap mengusung tema hobi kalian yaitu lari, lewat olahraga ini juga kalian bisa berlari sambil menikmati indahnya alam dan hutan rimba. Meskipun kalian sudah terbiasa lari jarak jauh, kalian tetap tidak boleh menganggap remeh kegiatan yang satu ini.

Untuk melakukan kegiatan trail run ini kalian harus harus memiliki persiapan khusus jika ingin melakukan kegiatan ini. Berikut adalah beberapa hal dan langkah-langkah yang harus kalian perhatikan.

Langkah Awal untuk Memulai Trail Run

1. Memulai dengan Rute yang Memiliki Medan Ringan

Rute trail run akan sangat berbeda dan jauh lebih berat daripada rute yang biasa kalian lalui saat lari marathon, dengan medan berelevasi tinggi, kontur tanah dan bebatuan licin dan menanjak pastinya akan sangat menguras tenaga kalian.

Jika kalian tinggal di jakarta dan sekitarnya, kalian bisa mencoba trail run di kawasan sentul, jika sudah terbiasa silahkan mencoba trail run di medan pegunungan seperti gunung papandayan dan gede pangrango.

2. Memperhatikan Cuaca

Cuaca salah satu hal terpenting yang harus di perhatikan, karena kalian akan berlari di alam bebas sehingga jika terjadi perubahan cuaca secara mendadak pastinya akan mempengaruhi kondisi mental dan fisik kalian apalagi jika perlengkapan yang kita bawa tidak mendukung.

Perhatikan cuaca dengan cermat atau lakukan kegiatan trail run si musim kemarau agar peluang terjadi nya perubahan cuaca lebih sedikit.

3. Mempersiapkan Perlengkapan, Mental, dan Fisik Secara Matang

Persiapkan fisik dan mental secara matang sebelum melakukan trail run dan pastikan kalian beristirahat dengan cukup sehari sebelum hari H. jangan lupa juga persiapkan perlengkapan mulai dari pakaian, sepatu, tracking pole, jaket, jas hujan, dan kotak P3K.

Jangan gunakan sepatu lari, gunakanlah sepatu yang memang di desain untuk lintas alam karena memiliki sol yang lebih kuat dan tidak licin.

4. Jangan Sendirian

Karena kegiatan trail run dilakukan di alam bebas, sebaiknya ajak partner kalian supaya kalian tidak sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan apa lagi di tengah hutan.

5. Jaga Jarak Dengan Partner Kalian

Tetap menjaga jarak minimal 10 kaki dari rekan kalian, karena berlari berdempetan rawan terjadi keceakaan, misalnya ketika berlari dengan jarak berdempetan ketika teman di depan kalian jatuh tersandung maka seseorang dibelakangnya tidak akan siap sehingga terjadi kecelakaan.

6. Tetaplah Dalam Keadaan Fokus

Berada dalam keadaan fokus adalah kunci keselamatan ketika berada di alam bebas, perhatikan jalan yang benar agar tidak tersesat.

7. Santai dan Jangan Terburu-Buru

Jangan melakukan hal bodoh saat melakukan kegiatan lari lintas alam seperti memforsir tenaga hanya untuk mengukur kecepatan. Berlari dengan santai dan jika tiba-tiba merasa cape, berhentilah sejenak untuk beristirahat.

Perhatikan keselamatan kalian, karena pada dasarnya keselamatan adalah hal utama dibandingkan dengan gengsi dan hobi kita.

Itu dia beberapa tips untuk kalian yang ingin mencoba trail run untuk pertama kalinya. Intinya jangan pernah meremehkan kegiatan di alam bebas dan perhatikan juga kondisi tubuh kalian untuk menunjang keselamatan pribadi. Semoga hal diatas bisa bermanfaat untuk kalian, trimakasih.

Baca juga : Kondisi Terbaru Jelang F1 Gp Singapura 2022