• Wed. Feb 1st, 2023

Wolfgaming : Sumber Informasi Seputar Dunia Olah Raga

Wolfgaming menghadirkan informasi terlengkap serta terupdate seputar dunia olah raga baik dalam negeri dan manca negara

Panduan Berenang Gaya Bebas Untuk Pemula

berenang gaya bebas

Wolfgaming – Berenang adalah kegiatan yang menyehatkan sekaligus disukai oleh banyak orang, terbukti dari selalu ramaainya tempat wisata kolam renang saat weekend. Berenang sendiri memiliki beberapa gaya yaitu berenang gaya bebas, gaya Kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

Kali ini saya akan membahas berenang menggunakan gaya bebas atau disebut juga freestyle stroke, posisi berenang gaya bebas adalah dengan cara tengkurap, menggerak kan tangan bergantian dengan cara berputar dan menggerakan kaki secara bergantian.

Berenang menggunakan gaya bebas sangat memungkinkan untuk kalian gunakan berenang jarak jauh tanpa merasa kelelahan. Oleh karena itu berenang gaya bebas biasanya sangat dianjurkan kepada pemula yang baru belajar berenang.

Teknik dasar dari berenang gaya bebas sendiri mencakupi posisi tubuh, gerakan tangan dan kaki, serta teknik pernafasan untuk menunjang mobilitas di dalam air. Berikut adalah teknik untuk berenang gaya bebas yang bisa kalian peajari.

Baca Juga : Cristiano Ronaldo Di Tolak 3 Club Besar

Teknik Berenang Gaya Bebas

1. Postur Tubuh dan Posisi Badan

Luruskan kepala dengan badan dalam kondisi tengkurap saat berenang. Yang berarti seluruh wajah harus menghadap ke air dan yang berada di permukaan adalah puncak kepala dan kepala bagian belakang.

Posisi kan tubuh lurus secara horizontal, jangan biarkan bagian kepala kalian mendangak ke atas karena akan menghambat laju kalian saat berenang dan beresiko cedera bahu.

Miringkan badan sedikit kearah tangan yang melakukan pergerakan serta miringkan kepala kalian ke arah tangan yang bergerak untuk mengambil dan membuang nafas.

2. Teknik Gerakan Tangan

Luruskan tangan kalian kedepan kepala, lebarkan jari saat menyentuh air untuk mendayung dan ikuti aliran air pada permukaan dan telapak tangan. Dan berlatihlah ayunan tangan untuk gaya bebas sebagai berikut.

  • Ayunkan tangan kalian kedalam air lalu arahkan kebelakang secara lurus dan lakukan bergantian antar tangan. Pada saat yang sama siku tangan sebelah kalian harus tetap berada di atas untuk bergantian mengayun.
  • Ayunkan tangan kalian sampai ke pinggang dan miringkan badan setiap mengayun agar tangan tidak menabrak pinggang.
  • Memiringkan tubuh akan membuat gerakan kalian lebuh efisien.
  • Miringkan tubuh kekanan saat tangan kanan mengayuh dan kekiri saat tangan kiri mengayuh.
  • Lakukan gerakan tersebut secara terus menerus sampai kalian mahir melakukanya.

3. Teknik Gerakan Kaki

Gerakan yang harus dilakukan kaki agar tubuh terdorong maju adalah menendang air dengan cara mengayun, lakukan tendangan tersebut secara bergantian. Berikut adalah cara melakukan gerakan kaki.

  • Kaki lurus saat menendang, tendangan harus bertumpu pada pinggul jangan bertumpu pada lutut karena dapat menyebabkan kaki keram.
  • Luruskan ujung kaki saat berenang.
  • Setiap tangan mengayun, tendang sebanyak 3 kali.

4. Teknik Pernapasan

Sesuaikan pernafasan saat melakukan gaya bebas dengan mengambil nafas saat memiringkan posisi tubuh. Setelah itu posisi wajah akan sedikit terangkat ke permukaan, saat itulah pergunakan untuk mengambil nafas, hembuskan kembali nafas saat kalian menghadap air.

  • Miringkan badan saat tangan mengayuh baik ke kiri atau kanan dengan kemiringan kisaran 30 derajat, pergunakan momen itu untuk mengambil nafas.
  • Jangan mengangkat kepala saat mengambil nafas karena dapat menggangu keseimbangan kalian saat berenang.
  • Keluarkan nafas lewat mulut saat kepala kembali masuk kedalam air, buang seluruh nafas supaya tidak membuang waktu saat mengambil nafas kembali.

Baiklah, itu dia panduan teknik dasar untuk berenang gaya bebas yang bisa kalian praktekan jika memiliki keinginan untuk belajar. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat, Trimakasih.

Baca Juga : Fakta-Fakta Menarik Seputar Olahraga Basket Jarang Diketahui