• Sat. Dec 3rd, 2022

Panduan Teknik Dasar Berenang Gaya Dada untuk Pemula

berenang gaya dada

Berenang adalah kegiatan olahraga yang disukai banyak orang, terbukti dengan selalu ramainya tempat wisata kolam renang setiap weekend atau hari libur lainya. Berenang sendiri memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh seperti membakar kalori, renang juga memiliki variasi gaya seperti berenang gaya dada, punggung, bebas, dsb.

Kali ini saya akan membahas renang dengan gaya dada atau disebut juga dengan breatstroke, teknik ini juga merupakan teknik termudah yang bisa dipelajari untuk pemula. Jika kalian memiliki guru berenang pasti gaya ini lah yang akan diajarkan lebih dulu.

Gaya dada atau disebut juga dengan gaya katak ini terbilang mudah bagi pemula karena gaya ini bisa menjaga kepala kalian untuk tetap di permukaan air, karena biasanya para pemula akan cenderung takut untuk menenggelamkan kepalanya kedalam air.

Baca Juga : Alasan Ruben Neves Menolak Tawaran Dari Mu Dan Liverpool 

Kepala kalian akan bergantian masuk dan keluar dari air untuk mengambil nafas. Jika kalian tertarik untuk belajar berenang gaya dada, silahkan simak teknik yang akan saya berikan berikut ini.

Teknik Berenang Gaya Dada

1.      Posisi Badan

Posisi tubuh yang benar akan memudahkan kalian dalam melakukan gaya saat berenang. Untuk posisi tubuh saat gaya dada adalah tubuh harus lurus dengan permukaan air dan hadapkan kepala ke depan dan sejajarkan dengan tubuh kalian.

Luruskan posisi bahu, pinggul hingga kaki dan sejajarkan, sedikit tekuk bagian tubuh belakang kalian agar tetap berada di dalam air, dan rileks kan tubuh kalian terutama pada bagian bahu dan leher.

2.      Teknik Gerakan Tangan

Gerakan tangan yang dilakukan saat menggunakan gaya dada akan cenderung bergerak lebih banyak di dalam air, pertama-tama luruskan tangan kalian ke depan dengan kedua telapak tangan bertemu, lalu gunakan kaki kalian untuk mendorong.

  • Setelah maju dengan dorongan kaki, selanjutnya gerakan tangan kalian seperti membentuk lingkaran keluar tubuh.
  • Usahakan jangan membuat lingkaran terlalu besar.
  • Setelah selesai membentuk lingkaran satukan tangan kalian kembali.
  • Luruskan kembali tangan kalian seperti posisi semula.

3.      Teknik Gerakan Kaki

Berbeda dengan gerakan kaki pada gaya bebas atau gaya punggung yang menendang secara bergantian, gerakan kaki pada gaya dada ini seperti gerakan kaki katak saat berenang.

  • Setelah meluncur dengan dorongan kaki, luruskan kaki kalian. Selanjutnya tekuk lutut sampai tumit kalian hampir bertemu bokong dan telapak kaki menghadap ke atas.
  • Posisikan lutut sedikit lebih lebar dari pinggul dan menghadap kebawah.
  • Lakukan tendangkan kedua kaki secara bersamaan seperti menyapu kebelakang dengan gerakan melingkar.
  • Satukan kembali posisi kaki seperti semula, dan lakukan lagi seperti gerakan di atas.

4.      Teknik Pernapasan

Jika kalian sudah bisa melakukan gerakan tangan dan kaki serta menemukan posisi tubuh yang enak, selanjutnya kita akan menuju ke teknik pernafasan untuk menunjang mobilitas kalian selama berenang.

Untuk mengambil nafas dengan gaya dada memang akan lebih mudah dari gaya lainya, tetapi kalian juga harus mengetahui ritme saat mengambil nafas.

  • Bersamaan dengan tangan saat mengayuh dan sampai di depan dada, angkat bahu dan kepala kalian ke atas untuk mengambil nafas.
  • Setelah itu masukan kembali kepala kedalam air untuk membuang nafas, kalian bisa melakukan pengambilan nafas ini setiap ayunan tangan atau pun setiap beberapa ayunan sekali terserah kalian.
  • Lakukan gerakan diatas dan ulangi.

Baiklah, itu dia panduan teknik dasar untuk berenang gaya dada yang bisa kalian praktekan jika memiliki keinginan untuk belajar. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat, Trimakasih.

Baca juga : Bali United vs Persikabo Sang Pelatih Waspadai Striker Dari Timnas Indonesia