• Sat. Dec 3rd, 2022

Slovakia Sebagai Lawan, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Akan Melonjak Tajam!

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong dipuji karena disiplin yang diterapkan dan memiliki pemain-pemain bertalenta.

Pujian datang dari pengamat sepak bola Vietnam BLV Quang Huy. Ia menilai tim Garuda akan terus berkembang berkat kedisiplinan yang lebih baik saat ini.

Tim nasional Indonesia memang berkembang pada masa Shin Tae-yong sebagai pelatih. Pelatih asal Korea Selatan itu perlahan mampu mengubah kedisiplinan para pemainnya, termasuk dalam hal pola makan.

Perubahan yang tak kalah terlihat adalah kemampuan fisik para pemainnya. Timnas Indonesia bukan hanya veteran, tapi sudah tidak terlalu besar untuk bermain 90 menit.

Kali ini dengan lawan Slowakia, peringkat FIFA Timnas Indonesia bisa melambung tinggi. Pasalnya, jika Slovakia terpilih, Timnas Indonesia berpeluang menang dan otomatis menaikkan peringkat Garuda di peringkat FIFA.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan akan mencari tim yang akan menempati 60 besar dunia sebagai lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday selanjutnya yang berlangsung pada 20-28 Maret 2023.

Slowakia termasuk dalam kriteria. Pasalnya, negara asal Eropa Timur ini kini menempati peringkat 54 besar dunia.

Timnas Indonesiaa

Peluang Timnas Indonesia Bisa Menang

Pertanyaannya sekarang, bagaimana peluang Timnas Indonesia mengalahkan negara besutan Martin Skrtel? Peluangnya sangat besar.

Pasalnya, dalam lima laga terakhir, Milan Skriniar dan kawan-kawan sudah terpuruk. Dalam lima pertandingan terakhir Nations League C 2022-2023, Slovakia hanya menang sekali, seri sekali, dan kalah tiga kali.

Padahal, Slovakia sudah dua kali kalah dari Kazakhstan dan Azerbaijan sekali. Dari segi kekuatan, Kazakhstan dan Azerbaijan memiliki kualitas yang hampir sama dengan timnas Indonesia.

Kazakhstan saat ini berada di peringkat 113 dunia, sedangkan Azerbaijan berada di peringkat 123 dunia. Karena itu, Timnas Indonesia dinilai punya kualitas untuk menumbangkan Slovakia.

Jika Timnas Indonesia bisa menumbangkan Slovakia, poin yang didapat Eagles akan banyak. Bahkan poin yang didapat lebih banyak ketimbang yang diraih setelah dua kali mengalahkan Curacao (14,71 Poin).

Selain mendongkrak ranking FIFA, kemenangan atas Slovakia akan mendongkrak kepercayaan diri Timnas Indonesia saat menghadapi penyisihan dari Piala Asia 2023. FYI, Timnas Indonesia akan mengikuti Piala Asia 2023 yang akan dimainkan. dari 16 Juni hingga 16 Juni 2023.

Belum diketahui siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. AFC belum akan mengumumkan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 hingga Senin 17 Oktober 2023. Saat ini, Indonesia, Qatar, dan Korea Selatan menjadi kandidat Piala Asia 2023.

Daftar Ranking Fifa, Indonesia Naik 3 Peringkat

Timnas Indonesia mengalahkan Curacao 3-2 dalam pertandingan Matchday FIFA  di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Sabtu (24/09/22).

Hasil ini membuat tim Indonesia mendapatkan poin yang cukup banyak di ranking FIFA. Bahkan dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil naik tiga peringkat menjadi 153 dari sebelumnya 156.

Dengan kemenangan ini, skor Indonesia menjadi 1026,60. Poin diperoleh dengan menjumlahkan 7,41. Hasil ini membuat Timnas Indonesia naik tiga peringkat di peringkat FIFA.

Curacao harus turun satu peringkat setelah kalah dari Indonesia. Sebelumnya, Curacao berada di peringkat 83 dalam peringkat FIFA, namun kini turun ke peringkat 84 setelah minus 7,41.

Kemenangan ini memang menjadi modal yang sangat penting bagi timnas Indonesia, apalagi timnas Indonesia akan meningkatkan posisinya di rangking FIFA.

Peringkat Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong terus menanjak di peringkat FIFA. Sebelumnya berada di peringkat 175, kini perlahan naik dan mampu bersaing dengan negara ASEAN lainnya.

Daftar Ranking FIFA di Posisi 50-60:

  1. Paraguay
  2. Slovakia
  3. Pantai Gading
  4. Arab Saudi
  5. Rumania
  6. Burkina Faso
  7. Venezuela
  8. Bosnia and Herzegovina
  9. Irlandia Utara
  10. Finlandia
  11. Ghana