• Sat. Dec 3rd, 2022

Intip Beberapa Strategi Khusus Timnas Indonesia Dalam Menghadapi Babak Kualifikasi Piala Dunia 2023

Timnas indonesia

Strategi Timnas Indonesia di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2023. Pada pertandingan di babak kualifikasi Piala Dunia 2023, Timnas Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Shin Tae Yong mendapatkan lawan dari pihak Yordania. Untuk menghadapi pertandingan yang pada saat itu digelar pada bulan Juni kemarin, Shin Tae Yong sendiri sudah menyiapkan beberapa macam strategi khusus untuk mengalahkan lawannya yang saat itu adalah Yordania.

Nah, beberapa strategi khusus ini menyangkut formasi pada tim ketika akan menghadapi pihak Yordania yang mana pastinya sudah melewati babak seleksi. Nah, pola-pola dalam formasi inilah yang menjadi acuan kesuksesan ketika bertanding di babak kualifikasi Piala Dunia 2023. Shin Tae Yong sendiri telah menyiapkan lebih dari 2  formasi yang sudah direncanakan dengan matang.

Beberapa Strategi Timnas Indonesia Yang Disiapkan Shin Tae Yong Dalam Melawan Timnas Yordania

  1. Pola Formasi Jenis 5-4-1

Pola pertama yang dipilih Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia pada babak  Kualifikasi Piala Dunia 2023 adalah pola formasi 5-4-1 yang mana Timnas Indonesia akan memainkan pola lima bek yang sejajar secara bersamaan. Dalam hal ini ada beberapa pemain yang memainkan posisi barunya. Namun meskipun demikian, nyatanya ini bukanlah pola yang baru bagi Shin Tae Yong.

Ketika pertandingan Piala AFF di tahun 2020 sebelumnya, Shin Tae Yong sendiri sudah pernah memimpin Timnas Indonesia menuju kemenangannya dengan menggunakan pola formasi 5-4-1 seperti ini. Pada saat itu, Shin Tae Yong memilih pola seperti ini karena memiliki ambisi kuat guna menahan musuhnya agar tidak menyamai posisi poin yang berusaha dicapai menuju semi final.

2. Pola Formasi Jenis 4-2-3-1

Pada babak berikutnya, nyatanya Shin Tae Yong juga telah menyiapkan pola cadangan yang mana peluangnya tidak sebesar pola formasi yang pertama. Karena memang fungsi dari pola kedua ini akan sangat diperlukan ketika nanti sewaktu waktu ada kondisi dimana Timnas Indonesia ini melewati posisi ketertinggalan 2 cetakan gol dari musuhnya. Jika aman maka pola ini tidak perlu.

Namun sebelumnya, pola formasi 2-4-3-1 ini sudah pernah dipakai oleh Timnas Indonesia yang saat itu juga dinaungi oleh Shin Tae Yong dalam pertandingan Sea Games dintahun 2021 dan juga Piala AFF di tahun 2020. Jadi pola ini sudah tidak asing lagi bagi Shin Tae Yong, jadi bisa dibilang bahwa pola formasi ini menjadi batu loncatan Timnas Indonesia ketika kondisi terancam

3. Pola Formasi Jenis 4-4-2

Pola formasi selanjutnya yang juga disiapkan oleh Shin Tae Yong juga pernah digunakan sebelumnya ketika Timnas Indonesia bertanding melawan Malaysia  pada pertandingan Piala AFF 2020 yang saat itu digelar di Matchhday pamungkas Grup B. Sebenarnya pada saat itu banyak orang yang heran karena Shin Tae Yong memilih menempatkan Witan Sebagai penyerang.

Namun nyatanya hasil yang didapatkan justru luar biasa. Karena pada babak ini Timnas Indonesia tampil dengan kemampuan memukau bahkan menjadi dominan dari pada lawan lainnya sepanjang laga pertandingan berjalan. Bahkan Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1 atas pihak Timnas  Malaysia. Jadi tak heran jika pola ini digunakan lagi pada pertandingan ini.

Nah, itulah beberapa pola formasi khusus yang diyakini Shin Tae Yong memiliki peluang besar untuk Timnas Indonesia dalam menumpas lawan main pada pertandingan Piala Dunia 2023. Pastinya ketiga pola ini akan sangat berfungsi pada masing-masing keadaan tertentu yang mana sudah difikirkan dan disiapkan dengan matang.