• Wed. Feb 1st, 2023

Wolfgaming : Sumber Informasi Seputar Dunia Olah Raga

Wolfgaming menghadirkan informasi terlengkap serta terupdate seputar dunia olah raga baik dalam negeri dan manca negara

Teknik Dasar Berenang Gaya Punggung untuk Pemula

berenang gaya punggung

Wolfgaming – Berenang adalah kegiatan olahraga yang disukai banyak orang, terbukti dengan selalu ramainya tempat wisata kolam renang setiap weekend atau hari libur lainya. Berenang sendiri memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh seperti membakar kalori, renang juga memiliki variasi gaya seperti berenang gaya punggung, dada, bebas, dsb.

Kali ini saya akan memberikan pembahasan lebih dalam mengenai renang gaya punggung atau yang dikenal sebagai backstroke. Teknik berenang ini merupaka satu-satunya teknik berenang yang dilakukan dengan cara terlentang, sebenarnya teknik gaya punggung sama dengan gaya bebas tapi dalam kondisi tubuh terbalik.

Tertarik mencoba berenang gaya punggung?, berikut ini saya akan memberikan teknik cara melakukan gaya punggung untuk pemula.

Baca Juga : Teknik Knuckle Ball Cristiano Di Pertandingan Sepak Bola

Teknik Berenang Gaya Punggung

1. Posisi Badan

Memperhatikan postur tubuh agar tetap lurus saat melakukan gaya punggung harus dilakukan untuk menjaga ritme gerakan, bagian tubuh seperti kepala dan pinggul adalah bagian yang harus selalu diperhatikan. Berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan saat melakukan gaya punggung.

  • Pastikan postur tubuh tetap lurus di permukaan air.
  • Untuk mengatur pergerakan kaki didalam air, turunkan sedikit pinggul dari permukaan.
  • leher harus tetap rilex dan kepala menghadap ke-atas.
  • Ketinggian air di kepala harus menutupi bagian telinga.

2. Teknik Gerakan Lengan

Gerakan lengan di gaya punggung mirip seperti gerakan gaya bebas tetapi dalam kondisi tubuh terbalik. Berikut poin yang harus diperhatikan saat melakukan gerakan lengan.

  • Posisikan lengan lurus dengan bahu dan salah satu tangan berada diatas permukaan air dengan telapak tangan menghada luar.
  • Putar lengan melewati kepala kearah belakang, masukan tangan kedalam air dan jari kelingking sebagai yang pertama masuk air.
  • Ketika tangan berada di dalam air, tekuk siku membentuk sudut 90 derajat untuk mendorong sampai bagian pinggul.
  • Luruskan tangan setelah selesai mendorong sampai ke pinggul, keluarkan tangan dari dalam air dengan poisis ibu jari keluar terlebih dahulu.
  • Ulangi gerakan tersebut secara bergantian tangan, dan putar sedikit tubuh kearah tangan yang berada di dalam air.

3. Teknik Gerakan Kaki

Gerakan kaki di gaya punggung pun sama dengan gaya bebas atau yang lebih dikenal sebagai tendangan flutter. Tendangan flutter ini harus bertumpuan pada pinggul, jangan bertumpu pada lutut karena dapat menimbulkan kram. Berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan.

  • Kedua kaki harus dalam posisi sejajar lurus dengan jarak kaki yang berdekatan dan lakukan tendangan dari pinggul.
  • Rileks kan kondisi kaki dan tekuk sedikit lutut saat mendayung.
  • Lakukan gerakan tersebut secara naik turun dan bergantian antar kaki yang bertujuan untuk memberikan dorongan kepada tubuh.

4. Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan pada gaya punggung memang tidak sesulit gaya lainya karena kepala yang menghadap keatas sehingga hidung tetap bisa leluasa mengambil napas. Meskipun begitu, kalian sebagai pemula belum tentu bisa sembarangan menggunakan teknik pernapasan ini.

Perhatikan poin-poin sebagai berikut yang bisa kalian praktekan untuk mempelajari teknik pernapasan ini.

  • Atur pola pernapasan dengan cara mengambil nafas saat lengan berputar melewati kepala dan buang nafas saat tangan satunya lewat.
  • Lakukan teknik pernapasan ini dengan pola yang teratur dan lakukan se-rileks mungkin, sehingga kalian bisa berenang dengan jarak yang lebih jauh dan waktu yang lebih lama tanpa merasakan kelelahan dan kehabisan nafas.

Itu dia beberapa teknik dasar untuk berenang dengan gaya punggung yang bisa kalian pelajari dan praktekan. Cukup sampai disini pembahasan saya tentang teknik berenang gaya punggung untuk pemula, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengupas Kekuatan Yang Di Miliki Elkan Baggott