• Sat. Oct 1st, 2022
Teknik Dasar Bola Basket

Belajar Teknik Dasar Bermain Bola Basket – Basket adalah salah satu olahraga yang populer di indonesia dan di dunia. Olahraga yang terdiri dari 5 orang dalam satu regu ini memiliki beberapa teknik dasar yang harus di pelajari sebelum bermain. Tertarik untuk bermain basket? Simak pembahasan teknik dasar bola bakset berikut ini.

Olahraga basket adalah olahraga beregu yang masing-masing tim berisi 5 orang yang bertanding dengan tujuan memasukan bola kedalam ring musuh, nantinya tim yang paling banyak memasukan bola akan memenangkan prtandingan. Selanjutnya saya akan membahas teknik dasar bola basket yang ditujukan untuk kalian yang ingin bermain basket tetapi belum tahu caranya.

Teknik Dasar Bola Basket

1. Memegang Bola

Meski memegang bola sering dianggap remeh karena terdengar sepele, tapi memegang bola dalam olahraga basket ada teknik nya juga yaitu memegang bola dengan kedua tangan di bagian kiri dan kanan bola dengan jari terbuka dan merekat ke tengah bagian kiri dan kanan bola.

2. Teknik Mengoper Bola (passing) dan Menangkap Bola (catching)

Setelah belajar cara memegang bola, kalian perlu belajar cara passing atau mengoper bola kepada teman demi terciptanya kerja sama tim, dan juga belajar menangkap atau menerima bola dari teman dengan cara menerima dengan telapak tangan yang terbuka dan jari yang terlentang lalu tarik kebelakang untuk mendekatkan dengan tubuh.

Untuk melakukan operan ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan yaitu.

  • Chest pass yaitu melakukan lemparan bola dari posisi dada.
  • Overhead pass yaitu melakukan lemparan bola dari atas kepala.
  • Bounce pass yaitu melakukan lemparan bola dengan cara di pantulkan ke lantai.
  • Basseball pass yaitu melakukan lemparan bola dengan satu tangan.
  • Behind back pass yaitu melakukan lemparan bola dari belakang pungung

3. Dribbling atau Menggiring Bola

Menggiring bola dalam permainan basket bisa dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai sambil maju ke depan atau bergerak, ada dua cara untuk melakukan dribling yaitu dribble rendah dan dribble tinggi. Dribble rendah biasanya dilakukan saat sedang dalam penjagaan lawan dan dribble tinggi dilakukan saat posisi bebas.

4. Teknik Pivot

Pivot adalah teknik memutar tubuh sambil memegang bola dengan menggunakan satu kaki sebagai tumpuan yang bertujuan untuk melindungi bola dari sergapan musuh.

 

5. Teknik Menembak Bola (shooting)

Tujuan melakukan shooting adalah memasukan bola ke dalam ring lawan untuk mendapatkan skor atau poin. Kemampuan untuk memasukan bola ke dalam ring akan sangat di perlukan untuk melakukan teknik ini karena posisi saat melakukan shooting juga akan menentukan besaran poin yang akan di dapatkan.

Setiap tembakan yang masuk akan dihitung 2 sampai 3 poin, jika kalian menembak didalam area menembak maka kalian akan mendapatkan 2 poin sedangkan jika kalian menembak di luar area tembak maka akan dihitung 3 poin jika berhasil bola masuk.

6. Rebound

Teknik rebound dilakukan untuk menangkap bola yang gagal masuk ke dalam ring, jika melakukan rebound di daerah ring sendiri maka akan berguna untuk melakukan pertahanan, sedangkan jika melakukan rebound di area ring lawan, maka akan menjadi kesempatan untuk menambah poin.

Itu dia beberapa teknik dasar bola basket yang harus kalian pelajari jika ingin bermain bola basket, dan latih lah teknik itu terus menerus supaya semakin jago dalam bermain basket. Sekian pembahasan saya tentang teknik dasar bermain basket semoga bermanfaat.

Related Post