• Sat. Dec 3rd, 2022

Timnas Kamerun Serta Notaben Kuda Hitam Piala Dunia 2022

Timnas Kamerun

Timnas Kamerun layak dinobatkan sebagai calon kuda hitam dari Piala Dunia 2022. Lima negara dari benua Afrika telah memastikan tempat mereka di Piala Dunia 2022 yaitu Senegal, Ghana, Tunisia, Maroko, dan Timnas Kamerun. Negara yang disebutkan terakhir secara dramatis melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar usai menyingkirkan Aljazair di partai playoff dengan unggul agregat gol tandang.

Meski harus bertandang ke markas Aljazair dan tampil di depan puluhan ribu suporter tuan rumah, Timnas Kamerun tidak berkeringat dingin sedikitpun. Justru sebaliknya, Timnas Kamerun mampu mencuri gol terlebih dahulu lewat kaki Eric Maxim Choupo Moting di menit ke 22. Hingga akhirnya Timnas Kamerun mampu mengunci satu tiket ke Piala Dunia 2022 usai penyerang mereka Karl Toko Ekambi mencatatkan namanya di papan skor di babak injury time.

Lolosnya Timnas Kamerun ke Piala Dunia 2022 dengan menyingkirkan Aljazair merupakan sebuah kejutan, pasalnya Aljazair memiliki deretan nama elite yang bermain di kompetisi terbaik di Eropa. Sepert sosok Ryad Mahrez, Said Benrahma, Islam Slimani, dan Ismael Bennacer. Namun, dengan ketajaman lini depan yang dimiliki Timnas Timnas Kamerun, mereka mampu mengalahkan Aljazair dan melaju ke Piala Dunia dengan kepala tegak.

Fakta Dari Pemain Timnas Kamerun

Timnas Kamerun memang tidak memiliki skuat yang merata, praktis, dan hanya lini depan mereka yang memiliki sederet pemain kelas Eropa. Pencetak gol ke gawang Aljazair adalah Choupo-Moting dan Lyon Ekambi. Namun, faktanya, dengan ketajaman lini depan Timnas Kamerun terbukti mampu membawa mereka tampil di Piala Dunia 2022.

Selain nama yang disebutkan di atas, masih ada satu pemain yang juga memiliki insting mencetak gol yang tinggi yaitu Vincent Aboubakar. Vincent Aboubakar memang terdengar asing untuk para penikmat sepak bola, dia tidak pernah bermain untuk tim raksasa eropa, dan karirnya pernah berhenti lantaran dihantam cedera. Namun, kualitasnya menjadi seorang target man untuk Timnas Kamerun tak perlu diragukan lagi.

Pria yang berusia 30 tahun itu merupakan top skor Piala Afrika 2022 dengan torehan 6 gol dari 5 pertandingan. Dengan 6 golnya tersebut, dia mampu mencatat rekor sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak di satu edisi kompetisi diadakan.

Dengan itu Vincent melewati rekor sebelumnya yang dipegang seniornya dulu di Timnas Kamerun, Samuel Eto’o dengan catatan 5 gol. Skema 4-4-2 yang dipakai Timnas Kamerun mampu memaksimalkan atribut Aboubakar yang handal dalam duel bola udara dan penyelesaian akhir di kotak 16. Eric Maxim Choupo-Moting menjadi sosok yang bisa bekerja sama dengan tim nya dan memberikan ruang bagi Aboubakar untuk terus mencatatkan namanya di papan skor.

Striker andalan Bayern Munchen itu bermain tepat di belakang Aboubakar, dia tidak banyak berada di kotak penalti untuk mencetak gol, melainkan memberi ruang sebanyak mungkin untuk Aboubakar berada di posisi yang tepat.

Fakta Lainnya

Faktanya, striker Al-Ettifaq di Liga Arab Saudi itu memang memiliki insting mencetak gol yang tinggi. Ia memiliki kiprah di klub-klub eropa sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama negara timur tengah. Aboubakar bermain untuk tim Portugal, Porto di tahun 2019/2020 dan menyumbangkan 58 gol dari 157 pertandingan.

Sebelumnya di musim 2014/2015 Aboubakar juga menjadi bagian dari tim Ligue 1, FC Liorent dan menjadi top skor tim atas torehan 17 gol dari 38 laga yang mereka jalani. Melihat torehan golnya bersama klub yang pernah ia bela, bukan hal yang mengejutkan jika nama Aboubakar melejit di di Piala Afrika tahun ini.

Sama seperti rekannya di Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar, nama Toko Ekambi tak seharum Sadio Mane dan Mohamed Salah yang bermain di tim elite Eropa. Namun, kualitas dan ketajaman Aboubakar di depan gawang tak kalah dari dua punggawa Liverpool yang disebutkan di atas.

Demikian informasi mengenai Timnas kamerun, semoga informasi diatas bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Nama Pemain Bulu Tangkis Di Curangi Wasit