• Sat. Dec 3rd, 2022
Tour de France

Fakta Menarik Seputar Tour de France – Kali ini saya akan membahas fakta menarik seputar ajang balap sepeda tertua di dunia yakni tour de france. Perlombaan balap sepeda mengelilingi negara prancis ini pertama kali di gelar pada tahun 1903 tepatnya tanggal 1 juli, setelah itu ajang ini menjadi perlombaan tahunan yang diikuti pesepeda dari berbagai negara.

Ajang balap sepeda tahunan ini memasukan beberapa negara seperti Denmark, Swiss, Belgia, dan paris untuk dijadikan route balapan dengan total jarak sejauh 3000KM yang berdurasi waktu selama 24 hari, balapan ini akan memulai start dari Denmark dan berakhir di Paris.

Fakta Menarik di Ajang Balap Sepeda Tour de France

Berikut ini adalah fakta menarik seputar balap sepeda tour de france.

1. Penggunaan Jersey Kuning

Pada ajang balapan tersebut, tersedia jersey berbagai warna yang telah di siapkan pihak penyelenggara untuk beberapa peserta yang sesuai kriteria, dari sekian warna jersey yang tersedia, jersey kuning lah yang menjadi incaran para pembalap.

Jersey kuning sendiri merupakan jersey yang paling prestisius karena menjadi penanda bahwa seorang yang menggunakan jersey kuning tersebut telah memimpin catatan waktu secara menyeluruh. Jersey kuning ini ternspirasi dari L’Auto yang merupakan sponsor dan sebuah koran yang menerbitkan berita tentang ajang pertama tour de france yang kala itu menggunakan kertas berwarna kuning.

2. Tanpa Jeda Istirahat

Para pembalap sepeda di ajang tour de france sebenarnya tidak memiliki jam istirahat ketika sedang dalam perlombaan. Bahkan saat waktu jeda pun para pembalap masih tetap mengayuh sepedanya untuk menghindari kram.

3. Tidak ada Peserta Perempuan

Sejak awal berdirinya ajang tour de france pada tahun 1903 belum ada peserta perempuan hingga saat ini, sebenarnya sempat ada tour de france khusus untuk perempuan pada tahun 1985 sampai 1989. Namun ada kabar baik, pada tahun 2022 telah dihadirkan lagi acara tour de frace femmes yaitu ajang balap sepeda tour de france khusus wanita yang diselenggarakan pada tangga 24-31 juli.

4. Pemenang Termuda Sepanjang Masa

Henri cornet masih menjadi pemenang termuda di ajang balapan ini sampai sekarang, pada tahun 1904 ia memenangi kejuaraan tour de france di usia nya yang masih 19 tahun. Henri cornet sebenarnya hanya berhasil finish di posisi ke empat, namun tiga pembalap sepeda di depan nya terdiskualifikasi karena melakukan pelanggaran dengan berbuat curang.

5. Memilih Ban Sendiri

Peserta di bebaskan untuk memilih ban sepeda mereka sendiri dengan catatan untuk tekanan ban di level jalanan adalah 8 sampai 8,5 bar dan tekanan 9,5 sampai sepuluh bar untuk level time-trial.

6. Red Devil sebagai Ikon

Ada seorang penggemar asal jerman yaitu Dieter Senft atau yang lebih dikenal sebagai el diablo dan didi the devil, ia selalu menyaksikan ajang balapan tour de france sejak 1993 dengan menggunakan kostum red devil. Akhirnya red devil menjadi satu simbol bagi ajang tour de france karna saking ikonik nya.

7. Alkohol, Doping, dan Rokok

Sejak edisi pertama balapan ini diadakan, ajang ini sudah identik dengan doping yang digunakan kebanyakan peserta sebagai obat penambah kuat, bahkan alkohol, rokok, dan narkoba jenis kokain pun pernah mewarnai kejuaraan ini yang membuat ajang ini mendapatkan julukan “tour de shame”.

Tetapi untuk sekarang penggunaan alkohol sudah digantikan dengan air putih biasa namun penggunaan doping tetaplah menjadi permasalahan sampai sekarang. Itu dia beberapa fakta menarik seputar kejuaraan balap sepeda tour de france, cukup sampai disini pembahasan saya, trimakasih.