• Sat. Dec 3rd, 2022

Membahas Fakta Menarik Seputar Usain Bolt Manusia Tercepat di Dunia

Usain Bolt

WolfgamingUsain Bolt adalah seorang atlet lari sprint terbaik di dunia, karena kecepatannya dalam berlari dia dijuluki sebagai manusia tercepat di bumi karena mampu berlari sprint 100 meter dengan waktu kurang dari 10 detik. Berkat larinya yang sangat cepat, ia berhasil mendapatkan 8 medali emas di ajang olimpiade.

 

Bolt lahir pada 21 Agustus 1986 di jamaika tepatnya di sebuah kota kecil yang bernama Sherwood Content dengan nama lengap Usain St.Leo Bolt. Ia tumbuh bersama orang tuanya yang bekerja di sebuah toko di tempat kelahiranya bersama para saudara/i nya.

 

Sebelum mendalami olahraga lari dia awalnya sama seperti anak pada umumnya yang menyukai olahraga sepak bola dan kriket. Ia mengatakan bahwa kriket adalah olahraga pertama yang dicintainya. Setelah itu Usain Bolt mulai mendalami olahraga lari sejak duduk si sekolah dasar.

Baca Juga : Hasil Undian Denmark Open 2022 Ganda Putra Indonesia Mendapatkan Posisi Yang Baik

Pada umurnya yang ke 12, Bolt berhasil menjadi pelari tercepat jarak 100 meter di SD nya yakni SD Waldensia. Setelah itu kemampuan lari Bolt terus berkembang hingga dirinya duduk di bangku SMA hingga ia mendapatkan perhatian khusus oleh pelatihnya karena kemampuanya.

 

Selain gelarnya sebagai manusia tercepat dan menorehkan 8 medali emas di olimpiade. Ada beberapa fakta unik dan menarik mengenai Usain Bolt. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenainya.

 

Fakta Menarik Mengenai Usain Bolt

1. Fans Manchester United

Kejadian ini terjadi pada tahun 2011, saat itu Usain Bolt mengatakan secara terang-terangan pada media. Bahwa ia ingin menjadi pemain sepak bola setelah pensiun menjadi pelari, ia meminta secara terus terang MU untuk merekrutnya sebagai pemain, kemudia SAF yang saat itu menjadi pelatih MU mengatakan Bolt punya kesempatan.

Meskipun keinginan nya tidak tercapai, tapi Bolt tidak memperdulikanya, ia hanya mengatakan akan senang jika ia bisa bermain untuk MU di masa kepelatihan Louis Van Gaal.

2. Selebrasi Kemenangan Usain Bolt

“To Di Word” adalah nama selebrasi yang selalu dilakukan Usain Bolt saat merayakan kemenangan, selebrasi ini pertama kali dilakukan Bolt pada olimpiade Beijing tahun 2008. saking terkenalnya selebrasi ini, bahkan banyak atlet sepak bola pun ikut menggunakan nya sebagai selebrasi setelah mencetak gol.

3. Kompetisi Pertama Usain Bolt

Usain Bolt mengikuti ajang kompetisi pertama saat berumur 14 tahun. Dia mewakili sekolahnya di ajang lomba lari 200 meter tingkat SMA, Bolt pun berhasil mendapatkan medali perak di kompetisi tersebut. Selanjutnya Bolt lebih menggila dalam kejuaraan dunia junior di Kingston Jamaika.

Bolt berhasil mennyabet medali emas di kompetisi tersebut yang membuat ia mendapatkan julukan “Lightning Bolt”. Bolt secara resmi menjadi atlet profesional pada tahun 2004 dibawah bimbingan pelatihnya yang bernama Fitz Coleman.

Usain Bolt juga menjadi satu-satunya pelari junior yang mampu berlari dengan jarak 200 meter hanya dalam waktu 20 detik pada saat itu.

4. Medali Emas

Bolt merupakan peraih juara dunia sebanyak 11 kali, dan meraih medali olimpiade sebanyak 8 kali. Ia menjadi juara bertahan di olimpiade tahun 2008, 2012, dan 2016.

Sebenarnya Bolt bisa mendapatkan 9 medali olimpiade, tapi sayang ia kehilangan satu medalinya ketika rekan se-tim nya terkena positif penggunaa doping.

Bolt juga menjadi atlet pertama yang berhasil memenangkan medali di kategori 100 dan 200 meter. Ia disebut menjadi pelari terhebat sekaligus orang tercepat didunia karena rekor nya dalam berlari jarak 100 meter yang ditempuh hanya dengan waktu 9,58 detik, dan rekornya belum terpecahkan sampai sekarang.

Itulah berbagai fakta menarik seputar Usain Bolt, terimakasih juga untuk kalian semua yang sudah mampir membaca.

Baca Juga : Peringkat Fifa Timnas Indonesia Melonjak Tajam